Kota Malang (Humas) — Ketakmiran Masjid Al-Falah MAN 2 Kota Malang melaksanakan penyembelihan Hewan Kurban pada 10 Dzulhijjah 1445 H atau pada hari Senin (17/06/24) usai melaksanakan Sholat Ied. Kegiatan pemotongan hewan kurban dilaksanakan diparkiran masjid sebanyak 2 sapi dan 20 kambing dari total hewan kurban yang diperoleh 9 sapi dan 23 domba. Sehari sebelumnya, dalam laporannya Dr. Gunawan, MA selaku penanggung jawab panitia kurban telah menyampaikan kegiatan penyembelihan akan dibagi dua kegiatan di Masjid dan Madrasah.

Usai melaksanakan sholat Iedul Adha, dilanjutkan dengan seremoni penyembelihan hewan kurban, Kepala MAN 2 Kota Malang Dr. H. Samsudin, M.Pd. didampingi Panitia menyampaikan bahwa hewan-hewan ini akan disembelih dan dibagikan menjadi 1.000 bungkus untuk masyarakat sekitar masjid dan umum.”Ada sekitar 9 sapi dan 23 domba yang dititipkan ke kami, dengan rincian patungan 9 sapi itu ada dari GTK dan Peserta Didik, sedangkan 20 Kambing dari Jama’ah, tiga lainnya dari warga. Nantinya akan dibagi penyembelihan pada hari ini dan H+2 Insyaallah sebanyak 1.000 bungkus,” katanya ditemui saat membuka acara seremoni penyembelihan di parkiran masjid (17/06/24).

Kamad juga menjelaskan bahwa penyembelihan daging kurban dan pembagiannya dilakukan selama dua hari, pertama hari ini di masjid Al-Falah dan hari Rabu, (19/6/2024) dilaksanakan di Lapangan Olahraga Madrasah. “Dua hari penyembelihan ini nantinya, sebagian besar akan kami kirimkan ke masyarakat sekitar dan lainya masyarakat umum bisa antre dengan rapi dan tertib serta kami juga membagikan ke tetangga GTK dan peserta didik.” jelas Kamad.

Kamad yang menjadi Pembina Takmir Masjid itu menyampaikan bahwa kegiatan penyembelihan hewan kurban ini, melibatkan peserta didik, keluarga besar MAN 2 Kota Malang dan beberapa warga sekitar. “Hal ini bertujuan, selain mentaati anjuran agama, juga dapat mempererat silaturahmi warga madrasah dan masyarakat sekitarnya dan juga dalam rangka pembelajaran agama bagi peserta didik tentang menyembelih hewan kurban yang baik dan benar menurut Islam, serta kepada siapa saja hewan ini dibagikan. Kita berharap tahun berikutnya, semoga Allah SWT memberikan nikmat kesehatan dan rizki kepada kita semua, sehingga kita dapat melaksanakan pemotongan hewan kurban,” pungkas Kamad.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Mochamad Muklis, M.PdI melaporkan sebanyak 2 ekor sapi dan 20 kambing, disembelih pada momen tersebut, sedangkan 7 Sapi dan beberapa Kambing hewan kurban tersebut dilakukan penyembelihan pada hari tasyrik terakhir, yakni pada hari Rabu (19/06/24) mendatang. “Dengan adanya kegiatan pemotongan hewan kurban ini kita dapat mengambil hikmahnya, belajar dari sejarah keteladanan Nabi Ibrahim AS dan keluarganya serta menjadikan kegiatan tersebut sebagai sarana pembelajaran dalam mempraktekkan amalan–amalan berkurban dalam kehidupan sehari hari, kemudian untuk hewan kurban yang dibeli dilakukan dengan tetap mentaati Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 31 Tahun 2022 tentang Penanganan Wabah PMK serta kesiapan hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha 1445 H dengan disertai surat sehat masing-masing hewan kurban, dan mendatangkan tim Dinkes untuk memeriksa secara langsung.”. Ujar Muklis.

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait